KemenPAN-RB: Lulusan SMA Boleh lamar CPNS 2016 tapi peluang kecil - Jadi Tau Tambah Tau

KemenPAN-RB: Lulusan SMA Boleh lamar CPNS 2016 tapi peluang kecil

Share it:
Lulus SMA boleh Lamar CPNS 2016Informasi mengenai perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2016 sudah sangat dinanti-nanti oleh masyarakat di indonesia. berdasarkan data dari BPS per februari 2015 ada kurang lebih  400 ribu seorang sarjana masih menganggur dan sampai sekarang mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan sebuah pekerjaan, bahka ada sebagian orang yang hanya menunggu proses penerimaan pegawai negeri sipil saja.
Tes CPNS sistem CAT (foto dok JPNN)

Sayangnya Rekrutmen CPNS tahun 2016 hanya menyiapkan formasi untuk jabatan tertentu saja. yaitu dibidang Pendidikan, Kesehatan, dan Penegak Hukum. Kalaupun ada dari tenaga teknis lainnya, akan dikhususkan untuk jabatan fungsional tertentu saja.
"Kalau jabatan fungsional umum seperti tenaga administrasi tidak akan direkrut, karena sudah terlalu banyak jumlahnya. Sedangkan untuk Lulusan SMA peluangnya tetap ada meski kecil, hanya untuk mengisi formasi tenaga sipir di Lapas, Yang lulusan SMA ini harus plus, jadi keahliannya ada. Tenaga sipir ini kan berat tugasnya," kata Asdep Koordinasi Kebijakan, Penyusunan, Evaluasi Program dan Pembinaan SDM KemenPAN-RB Bambang Dayanto Sumarsono. (jpnn, selasa 10/11).

Tetapi, untuk lulusan SMA sebaiknya tidak terlalu mengharapkan untuk diterima menjadi PNS, karena jangka waktu dan progresnya masih panjang, masih bisa menempuh atau melanjutkan ke Perguruan Tinggi, ataupun masuk ke Lembaga Pendidikan yang siap Kerja, contohnya PIKMI (Pusat Ilmu Komputer Manajemen Indonesia), info lengkap PIKMI bisa kunjungi www.pikmicleds.com
Untuk memilih Jurusan di Perguruan Tinggi pun haruslah jeli dan sesuai dengan bakat dan kemampuan masing-masing, karena jika memilihnya asal-asalan, sekedar ikut-ikutan teman atau hanya ingin kuliah di Universitas tertentu tidak peduli masuk ke Fakultas apa saja, nantinya ilmu yang didapat tidak maksimal dan setelah lulus sulit untuk mencari pekerjaan sehingga nantinya akan menambah stok pengangguran di negara Indonesia.

Persaingan kerja di negera indonesia saat ini sangatlah ketat, barang siapa yang hanya mempunyai keahlian atau skill yang biasa-biasa saja akan tersingkir dari persaingan dunia kerja, apalagi yang hanya lulusan SMA dan tidak punya keahlian, kesempatannya sangat kecil, kalaupun ada posisi pekerjaannya kurang begitu menarik.

Solusi Setelah lulus SMA untuk jadi PNS
Meskipun begitu, ada solusi lain yang bisa ditempuh oleh lulusan SMA apabila mereka menginginkan menjadi Pegawai Negeri Sipil, yaitu bisa lewat sekolah kedinasan yang diadakan oleh pemerintah.

dan juga bisa mengikuti program beasiswa yang dilaksanakan oleh Pemerintah.

bagi kalian yang mempunyai cita-cita mengajar, Anda bisa membidik program Menjadi PNS melalui Guru Garis Depan.

Share it:

Informasi

Post A Comment:

0 comments: