"ROOT" Akses Akar di Android - Jadi Tau Tambah Tau

"ROOT" Akses Akar di Android

Share it:
 Root Akses Akar di Android. Sedikit mengulas mengenai status ROOT pada android, sebagian besar banyak yang belom mengenal istilah ini. Terutama di kalangan orang tua yang tidak terlalu memperdulikan akan adanya ini. Kebanyakan dari kalangan masyarakat muda yang mengenal hal ini, terutama para kaum Adam.

Sebelum mengupas lebih lanjut mengenai hal ini, mari kita simak penjelasan dari kata "ROOT" itu sendiri berdasarkan wikipedia.org
Melakukan root adalah sebuah proses untuk mengizinkan pengguna ponsel pintar, tablet, dan piranti lain yang berjalan pada sistem operasi Android untuk mendapatkan kontrol yang lebih tinggi (dikenal dengan "akses root") pada berbagai subsistem Android. Karena Android menggunakan kernel Linux, proses ini memberikan akses ke dalam hak administratif seperti pada Linux atau sistem operasi yang mirip dengan Linux, seperti FreeBSD atau OS X. https://id.wikipedia.org/wiki/Root_(Android)
Yaappss, seperti penjelasan di atas, root atau melakukan root itu sendiri merupakan proses untuk memberikan izin atau hak akses terhadap smartphone atau perangkat lainnya secara penuh. Dengan kata lain, sobat sapatau.com bakal bisa melakukan apapun yang kalian inginkan. Contoh sederhana saja, misalnya ingin menghapus aplikasi sistem dan lainnya.

Android dan Linux

Root atau lebih dikenal sebagai akses root ini lebih familiar di OS komputer berbasis linux. Lalu kenapa kok muncul di Android juga? Jawabannya sederhana saja, karena Android merupakan anak turunan dari Linux itu sendiri. Oleh karena itu, sistem juga sama seperti pada Linux. Sobat sapatau.com bebas melakukan modifikasi ataupun hal lainnya yang kalian suka.

Lalu apa sih manfaat dari melakukan proses root itu sendiri ?

Pada umumnya sih, manfaat dari akses root ini sebagai berikut:
  1. Akses penuh ke sistem. Untuk mengolah file dalam sistem ini diperlukan kemampuan khusus. Jadi kalau sobat sapatau.com masih belum terlalu mengerti, sebaiknya hindari dulu ini.
  2. Melegakan RAM dan meningkatkan kinerja. Paling penting dan utama adalah kelancaran dari smartphone kamu. Semakin cepat maka akan semakin enak pula untuk digunakan. Salah satu faktor utamanya adalah karena kelegaan dari RAM Android kamu. Akses root memungkin untuk meningkatkan kinerja processor juga. Namun juga pastinya akan memakan sedikit lebih banyak daya yang dibutuhkan.
  3. Mendapatkan fitur lebih dalam aplikasi. Dengan memberikan izin akses ke root pada aplikasi, akan membuat kinerja dari aplikasi tersebut lebih maksimal. Namun perlu berhati-hati dalam memberikan hak akses ini. Haruslah pandai-pandai dalam memilih aplikasi.
  4. Modifikasi android. Mau tampil beda? yang lebih keren? hak akses root tentu akan sangat di butuhkan. Terutama jika sudah menyangkut ROM dari android tersebut.

Customize android

Secara garis besar, manfaat yang bisa kamu dapatkan adalah yang sudah disebutkan diatas. Di balik kemudahan sudah pasti harus ada yang di korbankan. Perlu di perhatikan pula untuk hal ini karena sangat penting dan berpengaruh dalam jangka panjang. Apa aja sih bahayanya ? mari kita simak.
  1. Garansi service akan hilang. Penting ketika smartphone kesayangkan kamu terjadi kerusakan secara system. Service Center tidak akan menerima kartu garansi yang kamu punya dengan alasan karena status system android kamu sudah rooted.
  2. Rawan terkena virus. Terutama buat sobat sapatau.com yang suka berselancar di dunia internet. Pasti bakal sering mengklik iklan iklan yang biasanya berisi virus virus tersebut. Meskipun secara konteks, linux sendiri sudah terbebas dari ancaman virus. Namun dalam hal ini, ada developer aplikasi android yang "sengaja" memasang jebakan buat sobat sapatau.com untuk mendapatkan keuntungan dari itu.
  3. Berubahnya data system. Ini biasanya terjadi karena user atau sobat sapatau.com asal-asalan memberikan hak akses ke apliaksi yang mencurigakan.
Namun di luar dari pembahasan di atas, memberikan hak akses root ke smartphone merupakan keputusan masing-masing dari kalian sendiri. Karena pasti akan ada resiko yang harus di tanggung. Maka jadilah smart-user untuk smartphone kalian. Pandai-pandailah dalam memilih aplikasi yang baik untuk di install pada smartphone.

Jika ada tambahan mengenai manfaat dan bahaya yang harus di tanggung, sobat sapatau.com bisa memberikan komentar di bawah ini. Komentar kamu yang sesuai dengan konten ini, nantikan akan akan saya masukkan ke dalam artikel ini. Dan terima kasih.
Share it:

Android

Root

Smartphone

Post A Comment:

0 comments: