Parts of Speech in English : Definition, Terms and Scope - Jadi Tau Tambah Tau

Parts of Speech in English : Definition, Terms and Scope

Share it:
Parts of Speech — merupakan macam atau jenis-jenis kata dalam bahasa Inggris, atau bagian-bagian dasar dari kalimat bahasa Inggris.

Parts of speech adalah bagian-bagian mendasar dari kalimat bahasa Inggris.

Dalam sejumlah sumber pembahasan mengenai grammar bahasa Inggris, setidaknya terdapat 9 sampai dengan 10 kategori tata bahasa Inggris (Parts of Speech).

Dari seluruh Part of Speech yang ada, terdapat 8 kategori Parts of Speech yang umum dipelajari dan diajarkan di beberapa tingkatan/jenjang pendidikan, berikut diantaranya :

Parts of Speech

1. Kata Benda dalam Bahasa Inggris (Nouns)


Noun (kata benda) adalah kata yang digunakan untuk menamai suatu objek dan memiliki dua bentuk, yaitu singular (tunggal) dan plural (jamak). Objek tersebut bisa berupa benda mati seperti tempat dan nama benda, atau bisa juga berupa benda hidup seperti orang, hewan, tumbuhan, dsb.

Selain itu, noun juga bisa berupa suatu konsep atau ide yang tidak tampak (abstrak) seperti perasaan (gembira, sedih, senang, susah, dsb).


2. Kata Kerja dalam Bahasa Inggris (Verbs)


Verbs (kata kerja) adalah kata yang menunjukkan nama perbuatan atau suatu tindakan yang dilakukan oleh subyek, namun verbs juga memungkinkan jika digunakan untuk menunjukkan keadaan.

Verbs biasanya menjadi predikat dari kalimat bahasa Inggris.

Selain itu, terdapat sejumlah verbs yang tidak ditujukan untuk suatu kejadian, seperti misalnya :
  • be,
  • exist,
  • seem, dan
  • belong.


3. Kata Sifat dalam Bahasa Inggris (Adjectives)


Adjective (kata sifat) adalah kata yang digunakan untuk menerangkan noun (kata benda) atau pronoun (kata ganti) yang bisa berupa orang (person), tempat (place), binatang (animal), tumbuhan/tanaman (plant) benda atau hal abstrak.

Terdapat beberapa jenis adjective (kata sifat) dalam bahasa Inggris, yaitu :
  • Adjective phrase,
  • Compound adjective,
  • Adjective clause, dan
  • Reduced adjective clause.


4. Kata Keterangan dalam Bahasa Inggris (Adverbs)


Adverb (kata keterangan) adalah suatu kata yang digunakan untuk mendeskripsikan atau menerangkan verb (kata kerja), adjective (kata sifat), maupun adverb lainnya. Penggunaannya pun dibagi menjadi 8 jenis adverb, diantaranya adalah :
  1. Adverb of manner,
  2. Adverb of time,
  3. Adverb of place and direction,
  4. Adverb of degree,
  5. Adverb of frequency,
  6. Adverb of quantity,
  7. Adverb of interrogative, dan
  8. Relative adverb.


5. Kata Ganti dalam Bahasa Inggris (Pronouns)


Pronoun adalah kata yang digunakan untuk menggantikan noun (kata benda) yang dapat berupa orang, benda, hewan, tempat, atau konsep abstrak.

Pronoun (kata ganti) adalah suatu kata yang penggunaanya ditujukan untuk menggantikan noun (kata benda), kata benda (noun) ini bisa berupa orang, hewan, tempat, benda, atau suatu konsep abstrak.

Pronoun digunakan untuk menyederhanakan suatu kalimat bahasa Inggris agar tidak terdapat banyak pengulangan kata sehingga membuat kalimat tersebut menjadi efektif.


6. Kata Depan dalam Bahasa Inggris (Prepositions)


Prepositions (kata depan atau preposisi) adalah suatu kata dapat disatukan dengan noun (kata benda) atau pronoun (kata ganti) dan membentuk sebuah frasa yang menerangkan verb (kata kerja), noun (kata benda) dan adjective (kata sifat).

Preposition adalah suatu kata yang bersama objeknya (disebut object of preposition) menerangkan verb, noun, atau adjective. Object of preposition dapat berupa noun, pronoun, atau gerund.


7. Kata sambung dalam bahasa inggris (Conjunctions)


Conjuctions (kata sambung) adalah suatu kata yang digunakan untuk menghubungkan dua frasa, klausa, atau bahkan suatu paragraf. Adapun beberapa jenis conjunction, diantaranya adalah :
  • Coordinate Conjunction,
  • Correlative Conjunction,
  • Subordinate Conjunction, dan
  • Adverbial Conjunction.


8. Kata Seru dalam bahasa inggris (Interjection)


Interjection (kata seru) adalah suatu kata yang digunakan untuk mengungkapkan/menyatakan emosi seseorang terhadap lawan bicaranya.

Interjection (kata seru) jarang digunakan dalam bentuk tulisan bahasa Inggris, apalagi dalam hal akademis. Interjection (kata seru) seringkali digunakan untuk bentuk bicara atau percakapan (speaking).

Oleh karena itu interjection mampu berdiri sendiri maupun bersanding dalam suatu kalimat. Namun ketika kata ini berada di sebuah kalimat tidak akan mempunyai hubungan gramatikal. Biasanya kata seru diikuti oleh tanda koma (,), tanda seru (!), atau bahkan tanda tanya (?).

Untuk penggunaan koma biasanya digunakan untuk medium interjection. Koma digunakan pada awal kalimat parenthetical element dan satu lagi berada ditengahnya. Kemudian tanda seru akan digunakan pada tingkat strong interjection, hal-hal yang diekspresikan seperti marah, terkejut, gembira, dan perasaan mendalam lainnya.
Share it:

Grammar

Post A Comment:

0 comments: